Ini Strategi Grab Yang Ingin Kuasai Transportasi Online

By On Selasa, Mei 23rd, 2017 Categories : Bisnis

Ini Strategi Grab Yang Ingin Kuasai Transportasi Online

Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah perusahaan asal Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina.

Grab yang merupakan layanan transportasi online berbasis aplikasi asal Malaysia mengungkapkan bahwa pihaknya ingin menguasai pasar Indonesia. Grab yang terkenal dengan layanan GrabTaxi dan GrabBike ini mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar penting di Asia Tenggara dengan populasi penduduknya yang sangat besar.

Harus diakui jika saat ini layanan ojek online tanah air masih dikuasai oleh Go-Jek. Namun, Grab telah menyiapkan strategi untuk menguasai pasar. Salah satunya adalah menjamin keamanan data dan privasi penggunanya.

“Kami tidak jual database pelanggan. Bukan itu cara kami meraup revenue. Kami lebih memilih fokus meningkatkan kenyamanan pelanggan. Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan fitur keamanan baru yang bakal memperkuat kerahasiaan data pengguna. Tapi belum bisa saya sampaikan sekarang, tunggu saja dalam waktu dekat ini,” tambah Ridzki.

Sejauh ini Grab telah menggandeng tak kurang dari 220 ribu pengemudi motor, taksi, dan kendaraan pribadi sebagai bagian dari bisnisnya. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa saat ini mereka sudah menguasai pasar taksi online dengan pangsa pasar yang cukup mantap, yakni 95%. Sedangkan untuk mobil pribadi, Grab mengklaim sudah menguasai 50% pangsa pasar.

“Kami telah menguasai 95% pangsa pasar dalam aplikasi pemesanan taksi dan lebih dari 50% pangsa pasar dalam layanan mobil pribadi. Kami punya tiga target untuk tahun 2016 ini. Kami punya planning serius untuk meningkatkan pangsa pasar GrabBike menjadi 50%. Ketika membuat planning ini, kami mengantisipasi ada player-player lain yang bermunculan.”

“Kalaupun ada, kami sudah siap. Tunggu saja, sebentar lagi akan kami umumkan. Kami sudah meluncurkan beberapa peningkatan beberapa minggu lalu. Antara lain memungkinkan pencarian lokasi destinasi yang lebih cepat dan sign up via Facebook supaya lebih praktis,” kata Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia.

Ini Strategi Grab Yang Ingin Kuasai Transportasi Online | iphone | 4.5
IBX5A45B5B2D6320