Manfaat Memakan Daun Mengkudu Muda Untuk Kesehatan

By On Senin, Mei 22nd, 2017 Categories : Kesehatan

Manfaat Memakan Daun Mengkudu Muda Untuk Kesehatan

Mengkudu (Morinda citrifolia) atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi).

Biasanya daun muda mengkudu diolah menjadi tumisan pedas yang nikmat dan menggugah selera. Atau bisa juga jadi bahan tambahan sayur urab, dan masakan lain yang lezat.

Mengkudu atau nama ilmiahnya Morinda citrifolia, kerap juga disebut buah noni oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak manfaat, tidak hanya buahnya namun daun mudanya pun bisa dikonsumsi dan berguna bagi kesehatan.

Selain itu, ada pula sifat analgesic yang diberikan oleh daun mengkudu yang mampu meredakan peradangan dan nyeri akibat berbagai sebab.

Zat antioksidannya pun bermanfaat untuk menangkal efek negatif dari radikal bebas, selain ada vitamin A, enzim, selenium dan berbagai nutrisi laiinya.

Berikut manfaatnya:

  • Anti peradangan

Senyawa anti inflamasinya bisa mencegah risiko serangan jantung, menurunkan tekanan darah serta kencing manis.

  • Pencernaan sehat

Kandungan serat daun mengkudu baik untuk pencernaan. Jadi, perbanyak makanan ini akan menunjang berbagai sisi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

  • Melancarkan peredaran darah

Fitonutrien semisal scopoletin pada daun mengkudu dapat mengatasi penyempitan pembuluh darah, dan melancarkan lagi sirkulasinya yang terhambat. Penderita sakit jantung dapat mengonsumsinya secara rutin.

  • Kesehatan kulit

Antioksidan serta selenium daun mengkudu baik bagi kesehatan kulit, melawan radikal bebas yang memicu kerusakan sel kulit serta cegah penuaan dini.

Manfaat Memakan Daun Mengkudu Muda Untuk Kesehatan | iphone | 4.5
IBX5A45B5B2D6320